JEJAKNARASI.ID. BATU – Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) di Batusuki Hotel. Kegiatan ini menjadi momentum penting untuk pemilihan Ketua PHRI Kota Batu periode 2025-2030 sekaligus membahas kemajuan sektor pariwisata di Kota Batu.
Dalam Muscab tersebut, Direktur Selecta, Sujud Hariadi, kembali terpilih sebagai Ketua PHRI Kota Batu secara aklamasi. Terpilihnya Sujud menandakan kepercayaan penuh dari para anggota PHRI terhadap kepemimpinannya dalam memajukan industri perhotelan dan restoran di Kota Batu.
Forum ini juga dihadiri oleh perwakilan Ketua PHRI Provinsi Jawa Timur, bagian hukum PHRI Provinsi Jawa Timur, Staf Ahli Wali Kota Bidang SDM, Kepala Dinas Pariwisata, serta jajaran Direksi Usaha Hotel dan Restoran se-Kota Batu.
Dalam sambutannya Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menekankan,pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam mengoptimalkan potensi wisata dan ekonomi kreatif kota.
Ditambahkan tema muscab “Bersama untuk Maju: Soliditas, Sinergi, dan Inovasi PHRI untuk Kejayaan Wisata Kota Batu.” Menurutnya, sangat mencerminkan harapan besar agar PHRI dapat terus menjadi motor penggerak kemajuan pariwisata di Kota Batu melalui pendekatan yang inklusif, adaptif, dan berdaya saing tinggi.
“Sinergi antara pemerintah, pelaku industri perhotelan dan restoran, serta para anggota PHRI merupakan kunci utama untuk menghadapi dinamika industri yang semakin kompleks,”kata Aries, Kamis (6/2/2025).
Aries juga menyoroti peran strategis PHRI sebagai mitra pemerintah dalam mempromosikan Kota Batu tidak hanya sebagai destinasi wisata unggulan tetapi juga sebagai kota agro kreatif.
“Kota Batu memiliki potensi besar untuk mengintegrasikan pariwisata dengan produk pertanian lokal. Inovasi seperti ini dapat menambah nilai jual serta memberikan daya tarik unik bagi wisatawan,” ungkapnya.
Dukungan terhadap efisiensi anggaran dari pemerintah pusat pun dianggap sebagai faktor penting yang memungkinkan terciptanya inovasi berkelanjutan dalam sektor ini.
Ia mendorong PHRI untuk terus berinovasi melalui pemanfaatan teknologi digital dalam pengelolaan dan pemasaran hotel serta restoran.
“Penggunaan platform digital untuk reservasi, promosi, dan interaksi dengan pelanggan merupakan strategi efektif yang dapat memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan pengalaman wisatawan,” ungkapnya,
Dia berharap, langkah ini akan membantu meningkatkan daya saing industri perhotelan di era digital yang semakin berkembang.
Editor : Sirhan Sahri