Melambangkan Konektivitas Dala Kreativitas, Begini Desain Logo HUT Tangsel Ke-16 yang Terpilih
![logo hut tangsel ke 16](https://i0.wp.com/jejaknarasi.id/wp-content/uploads/2024/10/logo-hut-tangsel-scaled.jpg?fit=1024%2C512&ssl=1)
BANTEN. Pemerintah Kota Tangerang Selatan resmi mengumumkan pemenang sayembara logo HUT Tangsel Ke-16. Logo yang terpilih merupakan pemenang dari puluhan logo yang ikut serta dalam sayembara tersebut.
Mendapat nilai tertinggi, desain logo yang dibuat oleh Jati Kusuma melambangkan konektivitas dalam kreativitas, sesuai dengan tema HUT Tangsel ke-16.
Tema tersebut menggambarkan menggambarkan kekuatan kolaborasi, pertumbuhan, dan inovasi yang terus berkembang di Kota Tangsel. Dengan memadukan warna, konsep, serta ide kreatif yang brilian, logo ini dirancang untuk mewakili aspirasi dan identitas Tangsel sebagai kota yang dinamis, modern, dan berkelas.
![](https://i0.wp.com/jejaknarasi.id/wp-content/uploads/2024/10/IMG_20241017_201911_354.jpg?resize=576%2C720&ssl=1)
Makna Simbol dalam Logo HUT Tangsel
Maulana Prayoga selaku Ketua Pelaksana sekaligus dewan juri dalam sayembara ini, mengungkapkan bahwa logo terpilih memiliki makna yang mendalam dan relevan dengan perkembangan Kota Tangsel. “Dalam logo tersebut, terdapat angka 16 yang tidak hanya merepresentasikan usia Tangsel, tetapi juga menyiratkan makna konektivitas, pertumbuhan, dan kolaborasi yang kuat di antara warganya,” ujar Maulana pada Kamis (17/10/2024).
Logo tersebut terdiri dari berbagai warna yang masing-masing memiliki makna simbolis :
1. Warna Hijau – Melambangkan ketenangan, keseimbangan, dan pertumbuhan. Warna ini juga mencerminkan rasa aman dan tanggung jawab terhadap lingkungan serta keberlanjutan. Pemilihan warna hijau menandakan bahwa Tangsel sebagai kota yang aman, matang, dan bertanggung jawab terhadap isu-isu lingkungan.
2. Warna Hijau Tosca – Menyimbolkan kesegaran, kreativitas, harmoni, dan energi. Hijau tosca juga melambangkan komunikasi yang jelas, inovasi, serta kebijaksanaan. Warna ini menjadi refleksi dari semangat inovasi yang terus tumbuh di Tangsel.
3. Warna Infinity Gold – Warna emas ini melambangkan kemewahan, prestise, kekayaan, serta kualitas tinggi. Pemilihan warna emas bertujuan untuk menunjukkan citra elegan dan berkelas dari Kota Tangsel yang semakin berkembang dan berdaya saing tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional.
Proses Seleksi yang Ketat
Sayembara logo HUT ke-16 Tangsel ini diikuti oleh 65 peserta dari berbagai kalangan masyarakat yang berpartisipasi dengan mengirimkan karya mereka. Setiap karya dinilai secara ketat oleh tim juri yang terdiri dari para ahli desain dan perwakilan pemerintah.
“Akhirnya, setelah melalui proses penjurian yang cukup ketat, dewan juri sepakat bahwa logo terpilih mendapatkan nilai tertinggi dibandingkan 65 karya lainnya yang telah diajukan. Logo ini secara resmi menjadi identitas visual HUT ke-16 Kota Tangerang Selatan,” ucap Maulana.
Arah Baru untuk Kota Tangsel
Dengan logo yang mencerminkan semangat kreatif dan kolaboratif, Pemerintah Kota Tangsel berharap bahwa peringatan HUT ke-16 ini akan menjadi momentum penting untuk memajukan kota dan memperkuat berbagai sektor, mulai dari ekonomi, pendidikan, hingga pariwisata. Logo tersebut juga diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam membangun Tangsel yang lebih maju dan berdaya saing.
Melalui tema Konektivitas dalam Kreativitas, peringatan HUT ke-16 Tangsel ini diharapkan dapat menggambarkan komitmen bersama antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam mewujudkan kota yang inovatif, inklusif, dan berkelanjutan.